10 Tips Menghindari Macet Saat Liburan Ke Jakarta

Jakarta menyimpan banyak sekali objek wisata, mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam, wisata kuliner dan berbagai macam tempat hiburan ala kota metropolitan. Menyandang status sebagi pusat pemerintahan sekaligus pusat ekonomi Indonesia, kemacetan di Jakarta sudah tidak dapat dihindari lagi. Bagi warga Jakarta seolah-olah sudah menjadi santapan sehari-hari yang harus dihadapi. Namun begitu, kemacetan ini menjadi momok menakutkan bagi warga luar kota Jakarta yang tidak biasa menghadapi kemacetan sehingga mereka mengurungkan niatnya untuk liburan di Jakarta.

kota jakarta yang takpernah sepi

Kota Jakarta yang tak pernah sepi (Sumber Foto : www.fredychelseasantoso.com)

Ya, siapa yang mau sih saat liburan terjebak dalam kemacetan, ditemani polusi udara, bising kendaraan, dan sudah pasti menghabiskan waktu liburanmu. Walaupun kemacetan Jakarta akan tetap kamu temui, setidaknya ada cara untuk meminimalisirnya. Nah bagi kamu yang ingin berlibur di Jakarta, berikut ada tips yang bisa kamu coba :

  1. Pilih Waktu Saat Weekend atau Libur Lebaran

Saat weekend atau saat hari libur kerja , lalu lintas kota Jakarta akan lebih lenggang, setidaknya kemacetan tidak separah saat hari kerja. Jadi maksimalkan waktu liburanmu saat weekend ya. Oh iya kalo mau lebih asyik lagi saat liburan ke Jakarta, kamu bisa mencobanya di saat libur lebaran, karena hampir setengah warga Jakarta mudik ke kampung halaman. Dijamin jalanan lenggang dan kamu bisa bebas merdeka keliling kota Jakarta tanpa macet. Asyik kan !

  1. Booking Hotel Sebelum Tiba di Jakarta

Walaupun hotel di Jakarta bisa ditemukan dengan mudah, sebisa mungkin booking hotel terlebih dahulu agar tidak menghabiskan waktu untuk muter-muter cari hotel. Jangan sampai waktumu terbuang karena terjebak macet saat mencari hotel. Kamu bisa booking hotel secara online dengan mudah melalui aplikasi seperti Traveloka. Disini kamu bisa booking  hotel dengan praktis, karena di Traveloka terdapat tool filter dimana kamu bisa memilih hotel berdasarkan harga terendah, nilai review, popularitas dan bahkan disesuaikan dengan budget dan fasilitas yang kamu inginkan.

  1. Pilih Hotel Yang Berlokasi Strategis

Waktu liburanmu akan semakin maksimal jika memilih hotel yang lokasinya dekat dengan tujuan wisata. Misalnya jika kamu ingin berwisata di kawasan pusat Jakarta seperti ke Monas, Mesjid Istiqlal, Bundaran HI, Museum Nasional dan sebagainya, pilihlah menginap di sekitar kawasan Sarinah-Thamrin, salah satunya Sari Pan Pacific. Dengan begitu, kamu bisa pergi ke banyak tempat sekaligus dalam waktu singkat, tanpa harus khawatir dengan arus lalu lintas yang macet. Sari Pan Pacific juga dekat dengan Jl. Sabang yang dikenal sebagai  kawasan kuliner, jadi malam harinya kamu bisa sekaligus wisata kuliner hanya dengan berjalan kaki dari hotel. Hotel ini juga bisa kamu pesan di Traveloka, untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

  1. Hindari Berangkat Saat Jam Pergi atau Pulang Kerja

Jika memang jadwal liburanmu di Jakarta saat hari kerja/weekday, sebaiknya hindari berpergian saat jam pergi atau pulang kerja karena dipastikan lalulintas macet dan semua transportasi umum penuh. Jam pergi kerja di Jakarta sekitar jam 06:00 – 09:00 WIB dan jam pulang kerja sekitar jam 16:00 – 19:00 WIB, jadi lebih baik kamu atur jadwal berpergianmu sebelum atau sesudah jam tersebut ya.

Kemacetan Jakarta disaat Jam Pulang Kerja

Kemacetan Jakarta di saat jam pulang kerja (Sumber Foto : www.aktual.com)

  1. Atur Rute dan Jadwal Perjalanan Menuju Objek Wisata

Saat weekday utamakan dulu berkunjung ke objek wisata yang berada di pinggiran kota Jakarta, seperti TMII, Ancol, Ragunan dll. Dengan begitu kamu akan melawan arus kendaraan warga yang menuju kawasan bisnis dipusat Jakarta, sehingga terhindar dari macet. Selain itu atur rute perjalananmu menuju objek wisata yang jalannya searah agar waktu di jalan lebih efisien.

Wisata lainnya yang dekat dengan Jakarta yaitu Pantai Anyer. Ada beberapa aktivitas seru yang wajib kamu coba di Anyer. Namun, sebelum melakukan perjalanan ke Anyer sebaiknya persiapkanlah segala sesuatunya agar semua berjalan lancar dan aman. Simak juga artikel Persiapan utama sebelum berwisata di Pantai Anyer.

  1. Manfaatkan Trans Jakarta dan Commuter Line

Walaupun membawa kendaraan pribadi lebih nyaman saat berlibur di Jakarta, itu takkan berarti jika malah membuatmu terjebak di kemacetan. Nggak mau kan liburanmu gagal karena lelah terjebak kemacetan?. Maka dari itu kamu bisa manfaatkan transportasi umum seperti Transjakarta dan Commuter Line yang bebas macet karena punya jalur tersendiri. Kedua transportasi sudah mencakup lokasi wisata dan perbelanjaan populer di seluruh wilayah Jakarta. Sesuaikan dengan lokasi yang akan kamu tuju atau kamu bisa kombinasikan keduanya. Tenang saja, jika kamu bingung selalu ada petugas yang siap membantu kok. Jangan lupa ya, ingat point 4 jika kamu tidak ingin berdesak-desakan di Trans Jakarta maupun Commuter Line.

Suasana di dalam Commuter Line

Suasana di dalam Commuter Line (Sumber Foto : www.kompasiana.com)

  1. Pantau Kondisi Lalu Lintas Melalui Aplikasi Maps di Smartphone

Dengan semakin canggihnya teknologi, kamu bisa gunakan smartphonemu untuk memantau daerah mana saja yang sedang macet. Misalnya dengan membuka akun Twitter TMC Polda Metro Jaya. Manfaatkan pula fungsi google maps dan aplikasi Waze untuk mencari jalan alternatif di smartphone milikmu agar sebisa mungkin terhindar dari macet.

Peta Kemacetan Jakarta

Lokasi kemacetan ditandai warna merah di Google Maps (Sumber Foto : www.sidomi.com)

 

  1. Ajak Temanmu Yang Tingal di Jakarta

Bagi kamu yang mempunyai teman yang tinggal di Jakarta, tak ada salahnya mengajak dia untuk menemanimu liburan. Orang yang sudah tinggal lama di Jakarta biasanya akan tahu jalan mana yang harus ditempuh untuk menghindari macet, rute perjalanan yang efisien dan pastinya dia tahu lokasi liburan yang recomended. Hitung-hitung dia bisa jadi guide gratis selama kamu liburan di Jakarta ya kan, syukur-syukur kamu bisa menumpang gratis dirumahnya kan, hehehe.

  1. Gunakan Jasa Ojek Online

Jika kamu terpaksa harus menembus kemacetan untuk mengejar waktu, jasa ojek online akan menjadi pilihan yang tepat untukmu. Selain harganya yang murah dan dapat ditemukan dimana saja dengan mudah, si abang ojek juga biasanya tahu jalan-jalan tikus untuk menghindari macet. Oh iya, saat kamu pulang kemalaman dan tidak membawa kendaraan, jasa ojek online yang tersedia 24 jam bisa membantu kembali ke penginapan.

  1. Perhatikan Jadwal Kepulangan Menuju Bandara/Stasiun/Terminal

Setelah selesai liburan di Jakarta dan akan kembali pulang, sebisa mungkin hindarilah mengambil keberangkatan pesawat/kereta/bus di sore hari, agar tidak terjebak macet jam pulang kerja. Sebaiknya kamu berangkat lebih awal menuju tempat tersebut agar tidak khawatir ketinggalan.

Kemacetan Jakarta sudah menjadi masalah dari tahun ke tahun dan sampai saat ini belum teratasi, jadi tidak ada salahnya kamu coba tips diatas. Persiapkan semua dengan baik dan selalu waspada karena apa saja yang bisa terjadi di jalanan Jakarta. Semoga tips tersebut bermanfaat untukmu ya, selamat liburan ke Jakarta!

(Visited 234 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *