11 Tempat Wisata di Cilacap Jawa Tengah

Anda sedang berencana untuk liburan dalam waktu dekat tetapi masih bingung dengan destinasinya? Salah satu kota pesisir Banyu Mas Cilacap yang kaya akan obyek wisata alami bisa Anda jadikan destinasi wisata untuk liburan kali ini. Bagi sebagian masyarakat yang berdomisili di pulau Jawa agaknya sudah familiar dengan nama Cilacap. Bagi yang belum, Anda bisa merencanakan perjalanan menuju Pulau Jawa tepatnya Jawa Tengah dan mencari kota yang bernama Cilacap.
Karang Bolong Beach (south side), Nusakembangan, Cilacap 2015-03-21Cilacap adalah kota terluas di provinsi ini yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, tidak heran jika kota ini memiliki sentuhan wisata alami yang mempesona. Selain itu, kota Cilacap juga terkenal dengan tradisi budaya yang khas sebab disinilah terjadinya pertemuan antara Budaya Jawa dan juga Sunda. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak beberapa tempat wisata di Cilacap berikut ini!

Baca Juga: Daftar Hotel di Cilacap dengan Harga Terjangkau

1. Wisata di Cilacap – Pantai Teluk Penyu

Panorama of Teluk Penyu Beach, Cilacap, 2015-03-21 01Pantai Teluk Penyu merupakan ikon destinasi wisata di Cilacap. Anda bisa menjangkaunya lebih kurang 2 km dari pusat kota. Pantai ini akan anda dapati membujur sepanjang pelabuhan perikanan samudra Hindia di Cilacap hingga ke pulau Nusa Kambangan dimana para nara pidana diungsikan. Disini Anda bisa melihat ombak yang ganas dan  bergulung-gulung dengan indahnya. Meski begitu, pantai ini masih cukup bersahabat untuk dijadikan tempat berenang dan juga menyelam.

Menariknya lagi, saat perut terasa lapar Anda bisa memesan menu seafood seperti cumi-cumi, udang, gurami dan sebagainya yang banyak disediakan di restoran di sekitar Pulau Teluk Penyu. Jika Anda ingin membawa pulang oleh-oleh, Anda bisa membeli ikan asin kering yang telah dikemas dan juga handicraft berbahan dasar kerang khas Teluk Penyu.

2. Wisata di Cilacap – Pulau Nusakambangan

West end of Karang Bolong, Nusakembangan, Cilacap 2015-03-21Pulau Nusakambangan berlokasi di sebelah selatan kota Cilacap. Meski pulau ini memiliki image yang seram sebab kerap dijadikan tempat pengasingan para nara pidana dengan kasus berskala besar, rupa-rupanya wisata di Cilacap yang satu ini memiliki seribu keindahan yang tidak akan Anda lupakan. Untuk sampai ke pulau ini Anda perlu waktu lebih kurang 10 menit dengan naik kapal dari Pulau Teluk Penyu. Para narapidana yang beristirahat di Nusakambangan pastinya adem-ayem sebab pulau ini penuh dengan tempat wisata seperti hutan belantara, keindahan cagar alam, benteng dan juga pantai yang masih virgin dan alami. Benteng yang bisa Anda temukan di lokasi ini adalah Benteng Karang Bolong dan Benteng Pendem sedangkan untuk pantainya adalah Pantai Karang Pandan.

3. Wisata di Cilacap – Kampung Laut

Sedang mencari lokasi kuliner dengan suasana yang berbeda dari biasanya? Coba Anda kunjungi Kampung Laut, wisata di Cilacap yang merupakan rumah makan yang didesain secara artistik dan lekat dengan alam. Kampung Laut dirancang mengapung di atas laut dengan bangunan yang dominan dibuat dari kayu dan berdinding terbuka. Interior bangunan dirancang dengan sangat comfy sehingga cocok bagi Anda yang sedang ingin having dinner bersama keluarga. Kampung Laut menyediakan berbagai macam menu seafood seperti gurami goreng, ikan bawal panggang dan goreng, nila bakar, lobster, salmon, ikan kue, dori, sirip ikan hiu dan lain sebagainya. Menu tersebut sangat maknyusdinikmati dengan minuman kelapa muda yang segar sambil duduk-duduk di gazebo yang disediakan. Kampung Laut ini juga menyediakan fasilitas memancing dengan lokasi yang super bersih.

4. Wisata di Cilacap – Benteng Pendem

Benteng Pendem Cilacap entrance

Selain tempat wisata alami dan juga pagelaran budaya, Cilacap merupakan bumi yang menjadi saksi kekejaman penjajah jaman dahulu. Bagaimana tidak, Cilacap memiliki Benteng yang disebut Benteng Pendem sebab tertimbun di dalam tanah setinggi 1-3 meter. Benteng ini relatif dekat dengan Teluk Penyu yaitu hanya sekitar 0.5 km perjalanan. Benteng Pendem berdiri di tanah seluas 6.5 hektar dan merupakan peninggalan penjajahan Belanda yang dibangun pada tahun 1861-1879. Setelah Belanda pergi, Jepang memakai benteng ini untuk markas tentara. Setelah merdeka, Benteng Pendem dimanfaatkan untuk lokasi pelatihan KOPASUS TNI yang terkenal sangat disiplin itu. Benteng ini memiliki fasilitas yang sangat memadai yaitu 60 kamar, gudang senjata, ruang penjara, benteng pengintai, ruang tembak, ruang amunisi, ruang rapat, 13 tempat pertahanan dengan parit dan pagar di sekelilingnya. Konon benteng ini juga dilengkapi dengan terowongan rahasia yang terhubung dengan Samudra Hindia. Wisata di Cilacap yang satu ini cukup antik bukan?

5. Wisata di Cilacap – Pantai Permisan Nusakambangan

Pantai yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi dan merupakan tempat wisata di Cilacap adalah Pantai Permisan Nusakambangan. Untuk sampai di pantai ini Anda harus menyeberang menuju ke Pelabuhan Sodong melalui Pelabuhan Lo Manis menggunakan kapal feri. Dari Pulau Sodong Anda bisa naik transportasi darat seperti bus untuk sampai di pantai Permisan. Di pantai ini, Anda bisa melihat begitu banyak jajaran pulau berukuran kecil, angin sepoi, pemandangan yang asri dan alami serta deburan ombak kecil yang berlarian. Indah sekali!. Pantai Permisan juga sangat cocok untuk melangsungkan foto prewedding dengan background tempat yang luar biasa menarik. Jika Anda ingin lepas sejenak dari kesibukan perkotaan yang padat dan penuh polusi, Pantai Permisan bisa menjadi destinasi liburan Anda.

6. Wisata di Cilacap – Pantai Jetis

Di Desa Jetis, Kecamatan Nusa Wangu, terdapat lokasi wisata di Cilacap yang alami dan sangat sayang untuk dilewatkan, namanya adalah Pantai Jetis. Pantai ini membentang lebih kurang 3 km di ujung timur Cilacap yang merupakan daerah pertemuan Kabupaten Cilacap dengan Kebumen. Pintu masuk pantai di sebelah timur merupakan lokasi pelelangan ikan Jetis dan sarat akan pemandangan pegunungan kapur yang merupakan wilayah Kabupaten Kebumen. Selain itu, pemandangan lain yang bisa Anda nikmati adalah panorama muara Kali Bodo yang merupakan daerah perbatasan antara Kota Cilacap dan Kebumen. Debur ombak pantai selatan dan juga panorama laut yang menakjubkan sangat sayang jika Anda lewatkan dalam perjalanan destinasi wisata Anda kali ini.

7. Wisata di Cilacap – Pantai Widarapayung

Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah diberkahi dengan panorama alam yang sungguh dahsyat yaitu pantai Widarapayung. Untuk sampai di tempat wisata di Cilacap yang satu ini, Anda harus menempuh jarak sejauh 35 km di sebelah timur Cilacap. Ini adalah pantai dengan akses perjalanan yang cukup mudah sebab rute untuk sampai di pantai ini mulus dan dapat diakses dengan kendaraan apapun.

Meski pernah menjadi korban Tsunami pada tahun 2006 silam, lokasi ini tetap layak untuk dinikmati dengan suasana pantai yang asri, sepoi oleh banyak nyiur kelapa melambai, dan suasana pantai yang landai. Satu lagi kelebihan pantai ini yaitu ombaknya yang tinggi dan cocok untuk dijadikan lokasi selancar bagi Anda yang ingin memompa adrenalin.

8. Wisata di Cilacap – Pantai Karang Pandan

Jika Anda ingin mengunjungi pantai dengan nuansa magis yang kental, Pantai Karang Pandan adalah lokasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan selama mengunjungi tempat wisata di Cilacap. Pantai ini memiliki berbagai keunggulan antara lain pantainya cantik, pasir yang putih berkilau, serta pemandangan laut lepas yang mempesona. Meski begitu, ketika berkunjung ke pantai ini Anda harus berhati-hati sebab ombak pantai cukup besar.
Oleh penduduk setempat, Pantai Karang Pandan dipercaya sebagai tempat keramat yang kerap dikunjungi oleh para peziarah tepatnya pada hari Kamis Wage dan juga sehari sebelum Sedekah Laut. Penduduk lokal menghimbau para peziarah agar selalu menjaga kesopanan dan juga etika selama berkunjung ke pulau yang dekat dengan Benteng Karang Bolong ini.

9. Wisata di Cilacap – Benteng Karang Bolong

Benteng Karang Bolong merupakan destinasi wisata di Cilacap yang lekat dengan pengetahuan sejarah. Benteng ini adalah saksi detik-detik kemerdekaan Indonesia yang dibangun dengan 4 lantai dimana 2 lantai diantaranya terbenam dalam tanah dan selebihnya tampak diatas permukaan tanah. Kesan pertama tentang benteng ini adalah megah dan angker. Benteng yang berdiri kokoh diatas tanah seluas 6000 meter persegi ini dahulu dipakai untuk menyimpan meriam Belanda yang masih utuh hingga saat ini, sebagai benteng pertahanan, menyerang kapal musuh, ruang penjara, ruang penyiksaan, ruang senjata dan lain sebagainya. Benteng Karang Bolong dirancang dengan tiga benteng yang salah satu diantaranya bertingkat tiga. Hingga saat ini kemegahan desain benteng masih bisa disaksikan.

10. Wisata di Cilacap – Gunung Srandil

Jika ingin melakukan destinasi wisata di Cilacap yang kental dengan aura spiritual, Anda bisa berkunjung ke Gunung Srandil yang berlokasi di desa Glempangpasir, kecamatan Adipata atau lebih kurang 30 km dari kota Cilacap. Lokasi ini lekat dengan aura mistis sebab konon menjadi lokasi tokoh-tokoh kharismatik yang sakti mandraguna. Cerita rakyat pertama menyebutkan bahwa Gunung Srandil adalah lokasi yang didiami oleh Sultan Mukhriti. Beliau adalah putra kedua dari Dewi Sari Banon yang merupakan Ratu dari Sumenep, Madura.

Cerita rakyat kedua menyebutkan bahwa Gunung Srandil merupakan petilasan Kunci Sari dan Dana Sari yang menolak patuh pada pemerintahan Belanda. Keduanya kemudian melarikan diri kesini, wafat lalu dimakamkan di sebelah timur gunung sari dengan makam yang dipagar keliling.

11. Wisata di Cilacap – Acara Sedekah Laut Cilacap

Di Jawa kita akan kerap mendengar istilah Sedekah Bumi sebagai ucapan syukur atas melimpahnya hasil bumi yang menjadi mata pencaharian masyarakat setempat. Selain itu, adapula acara Sedekah Laut yang di gelar di Cilacap, Jawa Tengah dan merupakan tradisi yang dibiasakan sejak pemerintahan Adipati Cakrawerdaya III pada tahun 1817. Sempat terhenti sejenak, namun tradisi ini dihidupkan kembali pada tahun 1982 oleh Bupati Pedjono Pranotjo. Acara Sedekah Laut biasa digelar pada bulan Oktober tiap tahun dengan cara melarungkan sesaji dan juga kepala kerbau ke Teluk Penyu.  Sebelum dilarungkan, sesaji tersebut di arak sepanjang jalan menuju ke teluk ini. Perayaan ini diikuti oleh seluruh warga setempat dan akan menjadi momen wisata di Cilacap yang menarik untuk diabadikan oleh turis lokal maupun mancanegara.

Baca Juga: Daftar Lengkap Tempat Wisata di Jawa Tengah
(Visited 2,316 times, 1 visits today)

One comment

  • Info Wisata Cilacap : Pesona Wisata Cilacap
    Kami Travel agent di Cilacap yang selalu mengutamakan pelayanan dan kualitas terbaik untuk konsumen.

    Produk dan Pelayanan :
    1. Adventure Motorcross Nusakambangan
    2. Mancing Mania Pantai Selatan
    3. Wisata Pengolahan Ikan
    4. Paradise Island

    Info Wisata : 0856 4799 3399
    Blog : pesonawisatacilacap.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *