12 Destinasi Wisata di Wonosobo Jawa Tengah yang Paling Greget!

Wonosobo merupakan salah satu kabupaten yang masih termasuk dalam provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini juga mulai naik daun karena akhir-akhir ini kerap menjadi tujuan wisata favorit bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Belum lagi adanya wisata Dieng yang juga masih termasuk dalam kabupaten Wonososbo yang sukses memanjakan mata pengunjungnya dengan hamparan pemandangan indah serta udara yang sejuk.
Telaga Warna Dieng Plateau (7493145002)Akan tetapi selain wisata Dieng, ternyata Wonosobo juga menyimpan beragam objek wisata yang tak kalah menarik. Wisata di Wonosobokerap pula memanjakan para wisatawan dengan pemandangan alamnya yang indah dan masih asri. Penasaran mengenai destinasi wisata apa saja yang dapat anda temui di Wonosobo? Simaklah ulasan berikut ini.

Baca Juga: Daftar Hotel di Wonosobo

1. Wisata di Wonosobo – Air Terjun si Karim

Air terjun Si Karim terdaftar dalam wilayah desa Sambungan kec. Kejajar, Wonosobo. Ternyata masih banyak juga wisatawan yang belum kenal dengan salah satu objek wisata yang indah ini. Melakukan perjalanan ke objek wisata Air terjun Si Karim bagaikan mencari sebuah surga tersembunyi di hamparan lembah hijau dengan jalan yang berkelok-kelok. Memulai perjalanan dari telaga Menjer dan memasuki Desa Mlandi, anda akan memerlukan waktu sekitar kurang lebih 30 menit untuk sampai ke objek wisata Air Terjun Si Karim. Meski rute yang perlu dilalui cukup berat dan membutuhkan stamina yang kuat, namun semua itu akan terbayar dengan pemandangan desa yang indah yang menemani anda sampai tiba di Air Terjun Si Karim.

2. Wisata di Wonosobo – Kebun Teh Tambi

Wisata di Wonosobo yang dapat anda nikmati selanjutnya adalah Kebun teh Tambi yang terletak di lereng Gunung Sindoro dengan ketinggian 1.200 sampai 2.000 mdpl. Selain dimanjakan dengan hamparan perkebunan teh yang hijau dan menentramkan, anda juga akan merasakan udara sejuk khas kebun teh menambah kesan relaksasi ketika berada di Kebun Teh Tambi ini. Suhu udara rata-rata di Kebun teh ini hanya sekitar 15⁰ sampai 24⁰C, jadi persiapkan pula baju hangat agar anda tidak merasa kedinginan. Tidak hanya dapat menikmati pemandangan kebun teh yang indah, di argowisata Tambi ini anda dapat pula menemukan fasilitas menarik seperti pondok, kolam pemancingan dan aneka permainan. Selain itu, anda dapat pula berkunjung ke pabrik Teh Tambi untuk melihat proses pembuatan teh khas Wonosobo ini.

3. Wisata di Wonosobo – Telaga Menjer

Telaga MenjerTelaga Menjer termasuk dalam wilayah Dieng yang lebih tepatnya berada di desa Maron, Kec. Garung, Wonosobo. Telaga Menjer juga merupakan telaga yang paling luas di wilayah Dieng, dengan kedalaman 60 meter dan luas telaga sebesar 70 Ha. Telaga Menjer terletak tepat di bawah kaki Gunung Sikudi dengan ketinggian sekitar 1.300 mdpl. Untuk menuju ke tempat wisata Telaga Menjer ini anda membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dengan berkendara dan menempuh jarak sekitar 12 km. Waktu terbaik untuk menunjungi Telaga Menjer adalah pada pagi dan sore hari, dimana pantulan langit biru akan terlihat jelas dipermukaan air dan ditambah dengan panorama Gunung Sindoro yang memanjakan mata.

4. Wisata di Wonosobo – Waduk Wadaslintang

Bendungan WadaslintangWaduk Wadaslintang merupakan objek wisata yang terletak pada perbatasan Kebumen dan Wonosobo. Meski waduk ini merupakan waduk buatan, namun waduk Wadaslintang memiliki luas yang tidak tanggung-tanggung yakni sebesar 3.000 Ha dan dapat disebut sebagai waduk terbesar di Asia Tenggara. Selain sebagai objek wisata waduk ini juga sangat berfungsi bagi masyarakat sekitar, antara lain yakni untuk irigasi, sumber pembangkit listrik tenaga air (PLTA), budidaya ikan dan penampungan air. Hamparan waduk yang terlihat biru akibat pantulan cahaya tentunya akan memanjakan mata anda ketika mengunjungi waduk ini. Untuk menikmati pemandangan yang memuaskan anda perlu berjalan kurang lebih 10 menit dari area parkir ke Gardu Pandang.

Baca Juga: 13 Lokasi Wisata di Dieng

5. Wisata di Wonosobo – Pemandian Air Panas Kalianget

Sama seperti nama objek wisata ini terletak Pemandian Air Panas Kalianget terletak di Desa Kalianget, kabupaten Wonosobo. Wisata di Wonosobo ini menjanjikan fasilitas air hangat alami yang terjadi akibat adanya aktivitas vulkanis. Untuk sampai ke objek wisata ini anda hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 3 km dari pusat kota Wonosobo. Di pemandian air panas ini anda dapat menikmati sensasi mandi air hangat yang merilekskan tubuh. Selain itu, kandungan belerang yang ada dalam kolam pemandian air panas ini juga disinyalir dapat membantu menyembuhkan penyakit kulit. Selain tersedia dua kolam air hangat di sini juga ada beberapa kamar seperti kamar mandi untuk menikmati sensasi mandi air hangat yang lebih privat. Selain itu, untuk anak-anak tersedia juga kolam renang yang makin menambah keceriaan ketika berlibur ke pemandian air panas Kalianget ini.

6. Wisata di Wonosobo – Curug Winong

Selain air terjun Si Karim, Wisata di Wonosobo juga memiliki destinasi air terjun lainnya yang tak kalah menarik yakni adalah Curug Winong. Curug Winong berada di desa Winongsari Kec. Kaliwiro yang dapat ditempuh kurang lebih 50 menit dari pusat kota Wonosobo. Akses yang dilalui juga sudah cukup bagus dengan jalan raya beraspal dan pemandangan pegunungan serta hutan pinus yang memanjakan mata akan menambahkan kesan pada perjalanan anda. Namun, saat melalui perjalanan menuju ke loket jalan yang ditempuh sedikit kurang mulus dari jalan raya sebelumnya. Tiket masuk yang ditawarkan hanya sejumlah 2.000 rupiah per orang pada akhir pekan. Setelah melewati loket anda perlu berjalan lagi menyusuri hutan dengan jarak kurang lebih 500 meter dan menemukan surga tersembunyi yakni air terjun dengan tinggi sekitar 70 meter yang dinamakan Curug Winong.

7. Wisata di Wonosobo – Telaga Warna

Telaga warnaTelaga warna merupakan objek Wisata di Wonosobo yang berada di wilayah dataran tinggi Dieng. Objek wisata ini juga sudah mulai dikenal oleh banyak wisatawan domestik maupun mancanegara. Telaga yang berada di ketinggian 2000 mdpl ini akan memanjakan mata pengunjungnya dengan menampilkan berbagai macam warna seperti hijau, biru laut dan putik kekuningan yang tampak kontras dan indah pada permukaan air di telaga. Untuk mendapatkan spot terbaik menikmati pemandangan Telaga Warna, anda dapat mengunjungi Bukit Batu Ratapan Angin yang berada tidak jauh dari telaga tersebut. Waktu terbaik mengunjungi telaga ini adalah ketika sore hari saat matahari mulai terbit dan anda akan mendapatkan panorama alam yang begitu memanjakan mata.

8. Wisata di Wonosobo – Bukit Sikunir

Masih berada di kawasan dieng, Wisata di Wonosobo yang dinamakan Bukit Sikunir ini merupakan objek wisata yang populer bagi para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan matahari terbit yang menakjubkan. Meski berupa bukit yang kecil, Sikunir mulai disukai oleh para wisatawan karena Golden Sunrisenya. Dari Bukit Sikunir ini anda juga dapat melihat pemandangan indah dimana Dieng terselimuti kabut tebal pada dini hari, dan pemandangan ini menjadi dasar dari julukan Dieng sebagai “Negeri di Atas Awan”. Untuk menuju Bukit Sikunir diperlukan waktu sekitar 15 hingga 30 menit menuju desa Sambungan menggunakan kendaraan dari arah pusat wisata Dieng, dan kemudian dilanjutkan dengan pendakian ke puncak bukit kurang lebih sekitar 30 menit.

9. Wisata di Wonosobo – Curug Sirawe

Wonosobo yang diberikan kekayaan alam begitu luar biasa dengan hamparan pegunungan, sawah, hutan, tebing yang menjulang dan sumber air yang melimpah, menambah banyak deretan objek wisata yang menyajikan pemandangan alam yang luar biasa melalui air terjunnya. Curug Sirawe juga merupakan objek Wisata di Wonosobo yang perlu anda kunjungi. Memang lebih tepatnya curug ini termasuk dalam kabupaten Banjarnegara yang berdekatan dengan Wonosobo dan Batang, serta pada sejarahnya curug Sirawe juga pernah menjadi aset yang diperebutkan oleh kabupaten yakni Banjarnegara dan Batang.  Berada di dataran tinggi Dieng Curug Sirawe yang memiliki air terjun dengan tinggi 80 meter mampu memberikan pemandangan yang menyejukkan mata dan pikiran para wisatawan, yang tentunya dapat anda temukan setelah menyusuri hutan melalui jalan setapak yang cukup berkelok.

10. Wisata di Wonosobo – Goa Jaran

Goa Jaran merupakan salah satu goa yang berada dalam wilayak objek wisata Telaga Warna di dataran tinggi Dieng. Nama Jaran yang merupakan sebutan dari kuda dalam bahasa Jawa, diambil dari bentuk permukaan goa yang memiliki rupa seperti kuda. Goa ini juga memiliki fungsi yang sama dengan goa lainnya yang ada di wilayah Telaga Warna yakni untuk meditasi atau semedi. Pada mitosnya Goa Jaran menjadi simbol kesuburan bagi penduduk setempat. Mitos menyatakan bahwa suatu hari saat turun hujan ada kuda yang bermalam di dalam goa tersebut, dan pada keesokan harinya kuda yang keluar setelah berteduh hamil secara misterius. Atas dasar ini pula Goa Jaran kerap menjadi tempat semedi bagi para wanita atau pasangan yang sedang mendambakan keturunan.

11. Wisata di Wonosobo – Lobang Sewu

Tempat Wisata di Wonosobo yang juga perlu anda kunjungi adalah Lobang Sewu. Meski objek wisata ini terkenal baru, namun mulai populer dikalangan wisatawan dengan adanya laporan jumlah penggunjung yang begitu membludak yakni sekitar 10 ribu setiap minggunya. Objek wisata Lobang Sewu ini tepatnya berada di area sekitaran waduk Wadaslintang, desa Erorejo di Kabupaten Wonosobo. Objek wisata yang kerap disebut mirip dengan Green Canyon ini memiliki keindahan alam tersendiri yakni dengan adanya hamparan waduk Wadaslintang disertai dengan adanya bebatuan yang membentuk seribu lubang cantik yang berada di pinggiran waduk. Waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata Lobang Sewu ini adalah saat sore hari dimana matahari mulai terbenam dan pemandangan alam  yang anda dapatkan akan semakim menakjubkan dan mempesona mata anda.

12. Wisata di Wonosobo – Pendakian Gunung Prau

10836320723oPendakian Gunung Prau merupakan objek Wisata di Wonosobo yang fenomenal dan sangat populer dikalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Gunung ini merupakan tujuan mendaki yang paling disukai anak muda untuk melepas rasa penat di akhir pekan. Dengan ketinggian 2.565 mdpl puncak Gunung Prau dapat di tempuh melalui jalur Dieng dengan waktu kurang lebih 3 sampai 5 jam pendakian. Gunung ini juga sangat disukai oelh pendak pemula karena memiliki ketinggian yang cukup rendah dibanding gunung lainnya di pulau Jawa. Gunung Prau juga merupakan tempat terbaik di kawasan Dieng untuk menikmati matahari terbut yang sempurna.  Spot yang disukai para pendaki ketika menaiki gunung Prau adalah Bukit Teletubbies. Bukit Teletubbies terdiri dari hamparan bukit-bukit hijau yang membentang dan memanjakan mata, sama seperti bukit yang ada dalam serial tv anak-anak dengan nama yang sama yakni Teletubbies.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Lengkap di Jawa Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *