Mercusuar Anyer Wisata Pantai dan Sejarah

Sejarah Mercusuar Anyer

Pantai Mercusuar Anyer ini merupakan titik nol dari pembangunan Jalan Raya Anyer- Panarukan. Di lokasi inilah berdiri mercusuar setinggi 75.5 meter  yang dibangun pada tahun 1885 pada masa Raja Willem III.


Lokasi ini sekarang dijadikan kawasan objek wisata yaitu pantai mercusuar anyer. Bangunan mercusuar yang ada sekarang ini merupakan pengganti dari mercusuar anyer sebelumnya yang hancur pada tahun 1883 akibat letusan Gunung Krakatau.  Mercusuar anyer yang lama didirikan pada tahun 1806.

Baca Juga: Ulasan Hotel Ryugu Anyer

Lokasi Pantai Mercusuar Anyer

Fasilitas Umum di Pantai Mercusuar Anyer

Objek wisata Pantai Mercusuar Anyer ini dikelola oleh Karang Taruna Bojong. Hal tersebut terlihat dari karcis masuk ke kawasan wisata pantai anyer

Untuk pengunjung roda 4 karcis masuknya sebesar 30 ribu sudah termasuk pengunjung dan untuk roda dua harga karcis 10 ribu. Dari didepan gerbang masuk menuju sisi laut anda akan mendapati deretan warung yang menjajakan berbagai macam jajanan dan juga kelapa muda. Tempat ini adalah tempat makan dan bersantai sambil menikmati suasana pantai anyer dan laut. Jika air laut surut anda dapat menjelajahi karang di tepi pantai. Tidak jauh dari lokasi jajanan terdapat penjual kaki lima yang menjual souvenir dan kaos oblong bertemakan Wisata Pantai Anyer.  

Mercusuar Anyer

Belok ke kiri dari gerbang masuk kawasan wisata pantai mercusuar Anyer ini, terdapat komplek mercusuar. Di komplek inilah berdiri Ikon wisata yaitu Mercusuar Anyer yang didirikan pada masa kolonial Belanda.

Tepat di atas pintu masuk mercusuar terdapat tulisan “onder deregeering van ZM Willem III koning der nederlande. enz.enz.enz. opgericht voor vast light 21 grootte, ter vervanging van den steenen lighttoren in 1883 bm de ramp can krakatau vernied. 1885.” Jika diartikan dengan bantuan google translate kalimat tersebut kurang lebihnya menjelaskan bahwa bangunan mercusuar ini dibangun pada tahun 1885 yang merupakan hadiah dari dari Raja Belanda ZM Willem III untuk menggantikan mercusuar lama yang hancur akibat meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883. Masih didalam kawasan komplek pantai mercusuar anyer, juga terdapat Penginapan Anyer Wisma Primkokarmar yang dikelola oleh Ditjen Hubla. Wisma atau penginapan ini disewakan untuk umum. Untuk ulasannya silahkan ikuti tautannya disini.

Di Dalam Mercusuar Anyer

Didalam mercusuar anyer hanya terdapat jendela disetiap lantainya. Dari semua lantai hanya ada 1 lantai yang jendelanya terbuka, mungkin untuk alasan keamanan. Jika anda merasa capek anda dapat beristirahat sejenak disini. Lanjut menaiki anak tangga hingga anda tiba di lantai 16. Di lantai 16 ada anak tangga kecil yang menuju ke ruangan kaca yang tepat di tengahnya terdapat peralatan lampu mercusuar anyer. Konon katanya jangkauan cahaya dari mercusuar ini hingga mencapai 20 mil.

Puncak Mercusuar Anyer

Ada pintu keluar dari dalam menuju ke teras luar yang melingkari puncak mercusuar anyer ini. Dari atas sini anda dapat menikmati pemandangan laut yang luas dan juga perbukitan yang asri di sisi lainnya. Tempat ini menjadi tempat favorit untuk berfoto-foto sambil menunggu moment sunset yang indah.

Dermaga Mercusuar Anyer

Di tepi laut komplek pantai mercusuar anyer ini bisa anda temukan lokasi reruntuhan bangunan mercusuar anyer lama yang kini diatasnya dibangun semacam tugu peringatan yang bertuliskan “di sini awal berdirinya menara suar cikoneng yang merupakan petanda titik 0 (nol) km anyer-panarukan”

 

Di sisi laut dari komplek pantai mercusuar anyer terdapat dermaga. Dermaga ini terbilang baru, menurut penjaga setempat dermaga ini didirikan pada tahun 2011 dengan tujuan untuk memudahkan logistik kebutuhan mercusuar anyer. Banyak pemancing lokal yang memanfaatkan keberadaan dermaga ini untuk menyalurkan hoby mereka.

Jika anda pemancing mania jangan lupa membawa set peralatan pancing anda dan bergabung dengan kawan-kawan pemancing disini. Kebetulan ketika saya mengunjungi dermaga ini saya sempat mengabadikan salah satu pemancing yang berhasil strike.

Tempat bersejarah yang kini menjadi objek wisata pantai mercusuar anyer ini banyak dikunjungi wisatawan untuk mengabadikan moment sunset dari atas mercusuar anyer. Ada beberapa yang menjadikan lokasi ini sebagai tema latar untuk foto pre-wedding. Berbagai macam alasan wisatawan datang membuat tempat wisata mercusuar anyer ini memiliki keunikan tersendiri. Demikianlah informasi yang dapat kami sharing mengenai Pantai Mercusuar Anyer. Semoga bermanfaat untuk referensi liburan anda. 

(Visited 7,154 times, 2 visits today)

4 comments

  • Mimi

    Keyen ya kaka sam ….

  • Setiap wilayah di Indonesia memiliki potensi wisata tersendiri. Tidak terkecuali Banten. Saya sangat kagum dengan objek-objek wisata yang ada di Banten. Baik itu wisata pantainya maupun yang lainnya. Semoga pemerintah bisa lebih serius mengelola lokasi2 wisata yang ada. Sehingga bisa menjadi lebih maju dan mampu bersaing dengan objek-bjek wisata dunia.

  • Hi, tks a lot to visit and leave a comment on my blog. I am a beginner. I really appreciated your comment

  • Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *